Apa itu AR (Augmented Reality) ?

Sekitar tiga hari yang lalu, saya mengikuti suatu seminar tentang AR (Augmented Reality). Pada seminar tersebut pembicara melakukan demo dengan menggunakan kamera web cam dan sebuah poster Star Wars. Pada saat poster tersebut diarahkan pada kamera, tiba-tiba muncul animasi 3D yang bergerak dengan mempraktekan suatu ilmu silat. Tokoh yang ditampilkan yaitu Luke Skaywalker. Kemudian pembicara mengeluarkan poster lainnya dan muncul tokoh ksatria berwarna hitam yang saya lupa siapa namanya itu. Saat kedua poster digabungkan, muncul interaksi di antara dua tokoh yang sebelemnya ditampilkan. Mereka saling berkelahi.

Karena seminar tersebut, saya menjadi tertarik dengan AR. Benar-benar sesuatu yang menurut saya ‘Ajaib’.

AR (Augmented Reality) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Realitas tertambah merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Jadi, secara garis besar AR merupakan suatu penggabungan antara sesuatu dari dunia nyata dengan sesuatu yang bersifat maya.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: