Memakai Wig dalam Islam, Boleh kah?

Mungkin selama ini masih banyak umat Muslim yang tidak mengetahui tentang hukum memakai wig di dalam Islam dan menggunakannya. Sebagai umat Muslim tidak ada salahnya jika kita lebih mempelajari agama kita sendiri, tentang apa saja yang dilarang dan diperbolehkan.

Memakai wig (rambut palsu) merupakan hal yang dilarang di dalam Islam baik untuk perempuan maupun laki-laki. Hal ini termasuk di dalam menyambung rambut.

Imam Bukhori meriwayatkan dari jalan Aisyah, Asma’ Ibnu Mas’ud, Ibnu umar dan Abu Hurairah sebagai berikut: ”Rasulullah melaknat bagi perempuan yang menyambung rambut atau yang minta disambungkan rambutnya.” Larangan rasul ini tidak hanya ditujukan kepada perempuan-perempuan yang rambutnya pendek, bahkan terhadap perempuan yang rambutnya gugur karena sakit misalnya, atau perempuan yang hendak menjadi penganten untuk bermalam pertama dengan suaminya. ’Aisyah pernah meriwayatkan : ”seorang perempuan (gadis) Anshor telah kawin, dan sesungguhnya dia sakit sehingga gugurlah rambutnya, kemudian keluarganya bermaksud untuk menyambung rambutnya, tetapi sebelumnya mereka bertanya dulu kepada nabi,,maka jawab nabi : Allah melaknat perempuan yang menyambung dan minta disambung rambutnya”(HR. Bukhori)

Oleh karena itu, sebagai umat Muslim yang baik kita harus bisa menerima dan menjalankannya dengan menjauhi hal tersebut. Insya Allah kita akan mendapatkan ridho dari Allah ta’ala.

Sumber:

http://hasan1924.wordpress.com/2009/02/25/hukum-memakai-wig/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: