Mencukur Alis, bolehkah dalam Islam?

Sempat beberapa waktu yang lalu saya membicarakan tentang hukum mencukur alis di dalam Islam bersama teman. Bagi saya, mencukur alis itu dilarang dalam Islam karena termasuk mengubah ciptaan Allah. Namun teman saya mengatakan bahwa boleh saja mencukurnya jika akan atau sudah menikah. Dari situ lah saya mulai mencari dasar-dasar ayat dan hadist mengenai mencukur alis dalam Islam.

“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, Dan Dia mengampuni dosa yang lain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya. Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka, yang dila’nati Allah dan syaitan itu mengatakan:”Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya), dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (merobah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka merobahnya”. Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.” (QS. 4:116-119)

Diriwayatkan dalam Kitab Ash-Shahih (Al-Bukhari dan Muslim) dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu bahwa ia berkata: “Semoga Allah melaknat wanita-wanita yang mentatto dirinya atau meminta ditattokan, yang mencukur bulu alisnya atau meminta dicukurkan, yang mengikir giginya supaya kelihatan indah dan mengubah ciptaan Allah.” Kemudian beliau berkata: “Mengapa aku tidak melaknat orang-orang yang telah dilaknat oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam Kitabullah, yakni firman Allah:

“Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia.Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah.” (QS. 59:7)

Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa mencukur alis TIDAK DIPERBOLEHKAN dalam Islam. Oleh karena itu, sebagai Muslim yang baik setidaknya kita dapat menerima dan menerapkannya.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya. Amiin…

Sumber:

http://rumaysho.com/belajar-islam/muslimah/3358-hukum-mencukur-alis-mata.html

http://www.islamqa.com/id/ref/2162

http://www.hendriono.web.id/2010/01/hukum-mencabut-bulu-alis.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: