Rangkuman Tugas Softskill Semester 6

Tugas softskill pada semester ini terbagi menjadi tiga menu utama yaitu:

  • Tim di Dalam Pembuatan Game
  • OGRE
  • Story and Character Building of Game

Berikut ini saya akan memberikan rangkuman dari tulisan-tulisan yang sebelumnya sudah saya buat:

1. Tim di Dalam Pembuatan Game

 

Di dalam pembuatan suatu game, tidak hanya satu orang yang tergabung di dalamnya. Dibutuhkan tim-tim untuk membangun game. Tim-tim tersebut diantaranya:

1. Programmer

Programmer adalah orang yang bertanggung jawab di dalam penyusunan program pada game. Programmer juga bertugas di dalam software enginering dan melakukan pengkodingan di dalam penyusunan game. Programmer yang berkecimpung di dalam dunia game biasa disebut dengan “Game Programmer”.

2. Designer

Designer merupakan orang yang bertugas untuk mendesain suatu game. Designer bertanggung jawab di dalam tampilan yang akan ditampilkan di dalam game. Dibutuhkan orang-orang yang kreatif dalam tim designer karena tampilan dari suatu game cukup penting untuk menarik minat gamer agar memainkan game yang telah mereka design.

3. Artist

Artist merupakan tokoh-tokoh yang terdapat di dalam suatu game. Tim artist ini bertugas untuk membuat karakter yang ada di dalam game. Setiap tokoh memiliki karakter dan peranannya masing-masing.

4. Composer

Composer merupakan orang-orang yang bertanggungjawab untuk membuat tema lagu dari game. Dalam suatu game, rasanya akan hampa jika tidak terdapat musik di dalamnya. Musik yang dibuat haruslah sesuai dengan game agar saat gamer bermain game akan merasa nyaman dengan efek suara yang ditampilkan.

Dari keempat tim di atas, masing-masing tim mempunyai peranannya masing-masing dalam pembuatan suatu game. Setiap tim akan saling bekerja sama agar elemen-elemen yang telah dibuat dapat saling bersatu untuk membuat suatu kesatuan yang utuh agar game tersebut menjadi sempurna.

2. OGRE

OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) merupakan suatu engine berobjek oriented (berorientasi objek) dan fleksibel terhadap 3D. Direpresentasikan dengan bahasa C++ serta dirancang lebih mudah dan intuitif bagi pengembang untuk menghasilkan aplikasi yang menggunakan hardware berakselerasi 3D. Kelas library pada OGRE menggunakan Direct3D dan OpenGL serta menyediakan sebuah interface berbasis objek kelas dunia dan tingkat tinggi. ORGE merupakan rendering engine dan khusus menangani vector dan matrix classes serta memory handling.

Fitur-Fitur yang terdapat pada OGRE yaitu:

  • Desain yang berobject oriented dengan menggunakan plug-in untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
  • Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.
  • Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.
  • OGRE mendukung program Vertex dan Fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler.
  • The landscape scene manager untuk Progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis & manual.
  • Engine animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.
  • OGRE mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen postprocessing untuk efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness, blurring, & noise.
  • Libraries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.
  • Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb.

3. Story and Character Building of Game

Pada tulisan ini, game yang dibahas yaitu The Sims 3.

The Sims 3 merupakan salah satu dari game yang paling banyak di mainkan dan juga menjadi game yang terlaris di dunia. Faktor pendukung kesuksesan dari suatu game diantaranya yaitu cerita (story), karakter (characters) dan game play dari game itu sendiri. The Sims 3 memiliki story of game yang khas. Berikut ini, saya akan mencoba untuk memaparkan sedikit tentang story yang terdapat di dalam The Sims 3.

Pada The Sims 3 terdapat neighborhood yang bernama Sunset Valley. Di dalam Sunset Valley ini terdapat rumah-rumah yang sudah berisi family tertentu maupun yang masih kosong, tanah (lots) yang bisa dipilih untuk membangun rumah, serta community lot. Saat memainkan game ini, user dapat memilih sendiri apakah akan memainkan family yang sudah ada, atau membuat family sendiri.

Di dalam permainan The Sims 3, gamer akan menjalankan permainan dengan mengendalikan suatu Sims. Pada setiap Sims tersebut, memiliki karakternya masing-masing. Ada karakter yang sudah default (Sims yang include di dalam game) maupun karakter yang bisa ditentukan sendiri oleh gamer. Karakter di dalam The Sims 3 ditentukan dengan Trait.

Trait (sifat) adalah blok bangunan kepribadian yang dijalankan pada Sims di The Sims 3. Trait ini memiliki empat kategori yaitu Mental, Physical, Social dan Lifestyle.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: