Mengitegrasikan Ogre Pada Eclipse

Setelah semua aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan diinstall, maka kita dapat langsung melakukan pengintegrasian Ogre di dalam Eclipse.

Pertama-tama kita membuka Eclipse.

Setelah itu, kita dapat keluar dari halaman welcome tersebut dengan mengklik “X” pada sebelah Welcome.

Kemudian kita pilih New > C++ Project.

Lalu akan muncul:

 

Kemudian pada bagian Show project …. kita uncheck. Dan kita pilih Empty Project pada Project Type dan pilih MINGW GCC pada Toolchains.

Kemudian kita isi nama project dengan nama yang kita inginkan (misalkan: Tes).

Kemudian pilih Finish.

Sehingga pada project exlporer akan seperti ini:

Kita klik kanan pada Tes, kemudian pilih New > Search Folder

Lalu akan muncul:

Kita isi bagian Forder Name dengan “src” kemudian klik Finish.

Maka pada project exlporer akan menjadi seperti ini:

Kemudian pada folder src kita klik kanan lalu pu\ilih New > Source File.

Lalu kita dapat melakukan kegiatan seperti di bawah ini:

Kemudian pilih Finish.

 

Tampilannya akan menjadi seperti di bawah ini:

 

Lalu pada project exlorer kita pilih Tes, kemudian klik kanan kemudian pilih Properties.

Kita masuk ke dalam C/C++ Build > Setting.

 

Lalu isikan data-data di bawah ini sesuai dengan yang aktif pada Configuration di GCC C++ Compiler.

Lalu isikan data-data di bawah ini sesuai dengan yang aktif pada Configuration di GCC C++ Linker.

 

Setelah itu kita masuk ke dalah BelajarOgre.cpp dan masukkan koding seperti di bawah ini:

#include “ExampleApplication.h”

class BelajarOgre : public ExampleApplication {

public:

BelajarOgre(){

}

~BelajarOgre(){

}

protected:

voidcreateScene(void){

//mSceneMgr utk manage semuasemuaygtampilpd screen

mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(1,1,1));

//Entity ad objekygbsdirenderdiscene

Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity(“Robot”,”robot.mesh”);

SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode(“RobotNode”);

//attach entity kescenenodeutberilokasi render robot

node1->attachObject(ent1);

}

};

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32

#define WIN32_LEAN_AND_MEAN

#include “windows.h”

INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)

#else

int main(int argc, char **argv)

#endif

{

//bikinobjekaplikasi

BelajarOgre app;

try {

app.go();

} catch (Exception e) {

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32

MessageBox(NULL,e.what(),”Terjadi Error!”,MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);

#else

fprintf(stderr,”Terjadi Error = %s\n”,e.what());

#endif

}

return 0;

}

 

Kemudian kita Build.

Jika tidak ada error, maka pada soure file project di folder debug akan muncul file exe.

Kita klik pada file exe tersebut maka akan muncul:

Lalu tampilannya akan menjadi seperti ini:

 

Source:

http://crystalforest.wordpress.com/2010/03/07/instalasi-integrasi-dan-build-project-ogre-di-eclipse-ide/

Comments
2 Responses to “Mengitegrasikan Ogre Pada Eclipse”
  1. nanya Gan…
    kok eclipse yg ku punya gx ada directorinya y di setting gcc c++ compiler???
    trus ada solusi gx???
    soalnya gx mw ngebaca dari ogrenya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: