Desain Grafis Sebagai Suatu Disiplin

Desain grafis mengambil ide, konsep, teks dan gambar dan menyajikan mereka dalam melakukan bentuk visual melalui, elektronik atau media cetak lainnya.

Desain grafis memaksakan perintah dan struktur konten untuk memfasilitasi dan mempermudah proses komunikasi, sedangkan pengoptimalisasian akan memungkinan pesan akan diterima dan dipahami oleh target penonton. Seorang desainer mencapai tujuan ini melalui manipulasi elemen, desain filosofis, estetika, sensorik, emosi atau politik di alam.

p1

Apa itu desain grafis?

Desain grafis adalah sebuah seni kreasi visual disiplin yang mencakup banyak daerah. Bisa juga termasuk arah seni, topografi, tata letak halaman, teknologi informasi dan aspek kreatif lainnya. Jenis ini berarti bahwa ada pandangan terfragmentasi untuk praktek desain di mana desainer bisa lebih fokus dan khusus.

Apa itu desainer grafis?

Berpikir tentang desain grafis sebagai suatu perdagangan yang anakronistis dan terbatas. Hal ini lebih berguna untuk melihat pendekatan yang mendasari dalam merancang bahwa seorang desainer grafis dibutuhkan dalam rangka memahami perannya dalam mencetak dan memproses produksi digital. Seorang desainer pada dasarnya memiliki dua peran dalam proses: memenuhi desain singkat dan melaksanakan pekerjaan.

Struktur kelompok dan metode kerja desainer

Seorang desainer dapat memenuhi berbagai peran dalam lingkungan yang berbeda dan struktur perusahaan. Mereka dapat terlibat dalam berbagai kegiatan dan bekerja sama dengan sejumlah profesional kreatif lainnya. Setiap studio desain memiliki cara sendiri khususnya, gaya,  tujuan, pengaruh dan budaya.

Desain grafis hari ini

Desain grafis telah berkembang dan disesuaikan dengan perubahan dengan memasukkan teknologi baru dalam berkomunikasi untuk lebih tersegmentasi oleh penonton. Hal ini menimbulkan sejumlah pertanyaan: Di mana proses evolusi meninggalkan desain grafis hari ini? Apakah mata uang desain grafis modern? Apa berusaha dilakukan oleh desain grafis?

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya topografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Desain grafis sebagai disiplin ilmu berkaitan dengan teknologi dari berbagai tingkatan dan aspek. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.

Sumber:

“The Fundalmentals of Graphic Design” Book by Gavin Ambrose and Paul Harris

http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis

http://bharep-mars.it-kosongsatu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: