GRAFIK, UNSUR dari 2D dan 3D

Selama ini mungkin kita sering mendengar tentang dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D). Istilah ini
biasanya berhubungan dengan lm, gambar atau animasi. Walaupun sering mendengar tentang 2D atau 3D,
belum tentu kita mengetahui tentang dimensi itu sendiri.
Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, dimensi memiliki beberapa pengertian, yaitu:
Dalam penggunaan umum, dimensi berarti parameter atau pengukuran yang dibutuhkan untuk menden-
isikan sifat-sifat suatu objekyaitu panjang, lebar, dan tinggi atau ukuran dan bentuk. Dalam matematika
dan sika, dimensi adalah parameter yang dibutuhkan untuk menggambarkan posisi dan sifat-sifat objek dalam
suatu ruang. Dalam konteks khusus, satuan ukur dapat pula disebut “dimensi”meter atau inci dalam model
geogra, atau biaya dan harga dalam model ekonomi.
Berdasarkan dari pengertian di atas, dimensi dapat dilihat berdasarkan objek, parameter atau satuan ukur.
Dalam suatu objek, dimensi dapat diartikan sebagai bentuk dari sebuah benda karena mendenisikan sifat-
sifat dari objek. Sifat dari objek tersebut bisa diketahui dari bentuk dan ukuran. Panjang, lebar dan tinggi
merupakan sifat-sifat dari objek yang menggambarkan suatu benda.
Dimensi diperlukan dalam suatu grak. Di mana grak itu sendiri merupakan cabang dari ilmu komputer
yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi dari suatu gambar secara digital. Grak juga berarti
sebagai proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi dari objek maupun latar belakang dari
objek itu sendiri. Bentuk sederhana dari grak komputer yaitu grak komputer dua dimensi (2D). Kemudian
berkembang menjadi grak komputer tiga dimensi (3D).
Grak memiliki beberapa cabang, yaitu:
1. Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan dari suatu bidang. Membuat model matematika
dari objek 2D dan 3D
2. Animasi, mempelajari cara menggambar dan memanupulasikan gerakan. Menampilkan manipulasi gam-
bar berdasarkan waktu.
3. Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek dari cahaya. Membentuk citra yang lebih
solid dari model yang sudah ada.
Dari keempat cabang grak di atas, semuanya dapat menggunakan konsep dari dua dimensi dan tiga dimensi.
Elemen-elemen pembentuk suatu grak dapat digambarkan menjadi seperti berikut:

Dari gambar di atas, dua dimensi (2D) merupakan suatu objek yang terdiri dari garis dan berbentuk bidang
datar. Dua dimensi hanya dapat dilihat dari satu sisi saja. Hanya terdiri panjang dan lebar.
Sedangkan tiga dimensi (3D) merupakan suatu objek yang memiliki ruang. Tiga dimensi dapat dilihar dari
berbagai sudut (sisi) serta memiliki panjang, lebar dan tinggi.
Pada dua dimensi dapat dilakukan suatu transformasi geometri. Dua dimensi dipresentasikan sebagai se-
buah vektor, di mana pada transformasi linier dapat memetakan suatu vektor ke vektor yang lain dan dapat
menyimpan suatu kombinasi linier.
Kegiatan yang termasuk di dalam transformasi geometri yaitu translasi, rotasi dan skala.
1. Translasi, yaitu suatu pergerakan atau perpindahan semua titik dari objek dari objek pada suatu jalur
lurus sehinggan menempati posisi baru.
2. Rotasi, yaitu mereposisi semua titik dari suatu objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusatnya pada
titik privot.
3. Skala, yaitu memperbesar atau memperkecil suatu ukuran dari sebuah objek dengan ukuran tertentu.
Pada tiga dimensi, terdapat alur yang dapat menyebabkan terjadinya suatu grak 3D. Alur tersebut dapat
digambarkan menjadi seperti berikut:

1. Modelling Transformation & Trivial Rejection
Pada bagian ini dilakukan:
– Penetapan ruang model.
– Transformasi model, yaitu menempatkan model pada sistem koordinat umum yang disebut ruang dunia
(world space).
– Semua objek, sumber cahaya dan sudut pandang pengamat, berada pada ruang dunia.
– Penolakan dilakukan terhadap bagian-bagian yang tidak perlu dalam upaya optimisasi.

2. Illumination
Pada bagian ini terjadi:
ˆ Cahaya yang menyebabkan suatu objek dapat terlihat
ˆWarna objek ditentukan dari properti material objek itu sendiri dan sumber cahaya pada tampilan tersebut.
ˆ Algoritma Illuminasi tergantung pada model bayangan (shading model) dan model permukaan (surface
model).
3. Viewing Transformation & Clipping
Pada bagian ini dilakukan:
– Transformasi pengamatan adalah bentuk lain dari koordinat sistem
– Memetakan titik-titik yang ada pada ruang dunia ke ruang mata
– Posisi pengamat ditransformasikan ke asalnya
– Arah pengamatan diorientasikan sepanjang axis
– Mendenisikan pengamtan volume.
4. Projection & Rasterization
Pada bagian ini dilakukan:
ˆ Selanjutnya dilakukan kliping pada tampilan objek dalam gambaran volume 3D yang disebut viewing
frustum
ˆ Pada tahap ini dilakukan eliminasi total pada objek (dan bagian objek) yang tidak visible bagi citra.
ˆ Objek selanjutnya diproyeksikan ke dalam 2D
ˆ Transformasikan dari ruang mata ke ruang tampilan (screen space)
5. Display
Pada bagian ini maka:
– Transformasi akhir, dari ruang koordinat tampilan (screen-space coordinate) ke viewport coordinate
– Tahap rasterisasi melakukan scanobjek dan mengkonversinya ke dalam pixel.
– Melakukan interpolasi parameter
– Melakukan beragam operasi 2D

 

 

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Dimensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://student.eepis-its.edu/~irvine/MyLesson/KomputerGrafik/Theory/Grafik%203%20Dimensi.ppt
http://avi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/16442/7+Grafik+Komp-Konsep++3D.pdf
http://www2.eepis-its.edu/~basuki/lecture/ObyekGrafik2D.pdf
http://student.eepis-its.edu/~spydeeyk/download/sem4/komGrafik/teori/GRAFIK%202D(new).ppt
http://avi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/16375/5+Grafik+Komp-Transformasi+2D.pdf
http://avi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/16441/6+Grafik+Komp-Clipping.pdf
http://multimediaartikel.blogspot.com/2010/02/perbedaan-animasi-2d-dengan-3d.html
http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page/Desain/?kid=29305

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: