Microsoft Office FrontPage VS KompoZer

Dalam mendesain suatu web dapat menggunakan beberapa cara, yaitu dengan menggunakan aplikasi, HTML atau pun CSS.

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

Pada umumnya terdapat 4 jenis elemen dari HTML, yaitu:

• Structural, merupakan tanda yang menentukan tingkatan dari sebuah teks. Contoh: Roma akan memerintahkan browser untuk menampilkan

Roma

sebagai teks bercetak tebal dan berukuran besar yang menunjukkan sebagai Heading 1

• Presentational, merupakan tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks. Tidak peduli dengan level dari teks tersebut (contoh, boldface akan menampilkan bold. Tanda presentational saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan teks,

• Hypertext, merupakan tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, Wikipedia akan menampilkanWikipedia sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),

• Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (), list (), dan garis horizontal (———————————)

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalambahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

CSS digunakan oleh penulis maupun pembaca halaman web untuk menentukan warna, jenis huruf, tata letak, dan berbagai aspek tampilan dokumen. CSS digunakan terutama untuk memisahkan antara isi dokumen (yang ditulis dengan HTML atau bahasa markup lainnya) dengan presentasi dokumen (yang ditulis dengan CSS). Pemisahan ini dapat meningkatkan aksesibilitas isi, memberikan lebih banyak keleluasaan dan kontrol terhadap tampilan, dan mengurangi kompleksitas serta pengulangan pada stuktur isi.

CSS memungkinkan halaman yang sama untuk ditampilkan dengan cara yang berbeda untuk metode presentasi yang berbeda, seperti melalui layar, cetak, suara (sewaktu dibacakan oleh browser basis-suara atau pembaca layar), dan juga alat pembaca braille. Halaman HTML atau XML yang sama juga dapat ditampilkan secara berbeda, baik dari segi gaya tampilan atau skema warna dengan menggunakan CSS. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Cascading_Style_Sheets)

Tugas Softskill kali ini adalah untuk membahas mengenai software (aplikasi) untuk desain web. Hal yang akan dibahas adalah perbandingan antara software berlisensi dan software open source. Software lisensi adalah software yang berbayar atau gratis, sedangkan software open source adalah software yang bebas penggunaannya dan gratis. Contoh aplikasi berlisensi yang akan dibahas adalah Microsoft Office FrontPage, sedangkan untuk open source adalah KompoZer.

1. Microsoft Office FrontPage

frontpage

front page

Microsoft FrontPage (atau Microsoft Office FrontPage) merupakan sebuah program aplikasi editor HTML yang berbasis WYSIWYG dan juga bertindak sebagai alat bantu administrasisitus web yang dikembangkan oleh Microsoft untuk jajaran sistem operasi Windows. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office dari tahun 1997 hingga 2003. Versi Macintosh-nya pun pernah dimunculkan pada tahun 1998, tapi tidak dikembangkan lagi. FrontPage sekarang telah usang, dan digantikan oleh Microsoft Expression Web dan Microsoft SharePoint Designer, yang dirilis pada bulan Desember 2006. Salah satu fitur yang terkenal dari FrontPage adalah dukungannya terhadap template Web yang otomatis yang terintegrasi. Perbedaan utama antara template Web dengan template HTML yang dibuat oleh produk lainnya adalah bahwa template yang dibuat oleh FrontPage mencakup sistem navigasi otomatis yang mampu menciptakan tombol-tombol yang dianimasikan untuk beberapa halaman yang telah ditambahkan oleh pengguna. FrontPage juga dapat membuat navigasi multi-level secara langsung dengan menggunakan tombol dan juga struktur situs Web yang sedang disunting. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_FrontPage)

2. KompoZer

kompozer linux ubuntu open source

KompoZer

KompoZer is an open source WYSIWYG HTML editor based on the now-discontinued Nvu editor. KompoZer is maintained as a community-driven fork and is a project on Sourceforge. The upcoming release, KompoZer 0.8, has been updated to Gecko 1.8.1, and code is being finalized after testing. The first public alpha version of KompoZer 0.8 was published on February 11, 2009 and featured a new user interface. KompoZer’s WYSIWYG editing capabilities are one of the main attractions of the software. In addition, KompoZer allows direct code editing as well as a split code-graphic view. (Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/KompoZer)

Translate:

KompoZer adalah open source WYSIWYG editor HTML didasarkan pada dihentikan sekarang Nvu editor. KompoZer dijaga sebagai komunitas berbasis garpu dan merupakan proyek di Sourceforge. Peluncuran, KompoZer 0,8, telah diperbarui untuk Gecko 1.8.1, dan kode yang sedang diselesaikan setelah pengujian. Alfa publik pertama versi KompoZer 0,8 diterbitkan pada 11 Februari 2009 dan menampilkan antarmuka pengguna baru. KompoZer’s WYSIWYG penyuntingan kemampuan adalah salah satu atraksi utama dari perangkat lunak. Selain itu, KompoZer memungkinkan kode langsung mengedit serta kode sepersekian tampilan grafis.

Keuntungan dari Microsoft Office FrontPage diantaranya:

1. membuat desain halaman web melalui template yang sudah disediakan, tidak perlu untuk mendesain lagi

2. mudah penggunaannya karena telah terstruktur kerangkanya Kekurangan dari Microsoft Office FrontPage diantaranya: 1. harus membayar biaya lisensi 2. tidak termasuk dalam paket Microsoft Office yang biasanya dipakai, harus menginstall lagi

3. desain menggunakan template yang telah disediakan

Keuntungan dari KompoZer diantaranya:

1. WYSIWYG (What You See Is What You Get) halaman editor, anda membuat website dengan mudah seperti mengetik pada MS-Word.

2. File Management yang terintegrasi dengan FTP. Cukup login pada website dan tinggal upload atau download file-file anda, melakukan editing secara on-the fyl (online langsung pada web browser).

3. Hasil website menciptakan HTML code yang dapat dipercaya, yang dapat berjalan stabil di berbagai web browser.

4. Berpindah dari tampilan editing WYSIWYG Mode atau HTML Mode menggunakan tab.

5. Editing menggunakan sistem tab, untuk dapat menyimpan banyak halaman secara langsung.

6. Dukungan penuh terhadap pembuatan form, table, dan template.

7. Sangat mudah digunakan, aplikasi web editor yang paling canggih dan tersedia untuk sistem operasi Desktop Linux, Microsoft Windows dan Apple Macintosh.

8. Merupakan aplikasi open source, sehingga tidak memerlukan biaya untuk membeli lisensi (gratis)

Kekurangan dari Kompozer diantaranya:

1. KompoZer jarang dikenal oleh masyarakat luas

2. Penggunaan KompoZer biasanya pada Linux, namun yang menggunakan Linux masih minoritas

3. Sulit digunakan bagi orang yang masih awam (belom mengerti) terhadap penggunaan KompoZer

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: